Seba Kuwerabakti – Bogor

Sekelompok orang dengan pakaian jaman kerajaan tampak beritingan dikawal oleh polisi dan pasukan kuda mengelilingi Kebun Raya Bogor, mereka adalah peserta Pawai Budaya Seba Kuwerabakti yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke 530.

Perhelatan budaya yang didukung UNESCO ini dilepas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, sekitar pukul 09.00 WIB di Balaikota Bogor dan disaksikan Sekretaris Direktorat Kebudayaan Kementerian Kebudayaan Gatot Gautama, Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan Industri Musik pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Juju Masunah, Ketua DPRD Mufti Faoqi, Jajaran Muspida Kota Bogor, Kepala Badan Koordinasi Wilayah Bogor Wawan Sofwan, mantan Pangdam III Siliwangi Iwan Sulandjana, Putri Indonesia Andi Natasha, dua Putri Pariwisata  Mitha Diah Rengganis, dan Grace Gabriela Binowo dan tentunya disaksikan oleh warga bogor.

Pawai Budaya Seba Kuwerabakti berakhir di dalam Kebun Raya Bogor dan dilanjutkan dengan pagelaran kolosal Maung Padjadjaran Lugay karya Abah Dasep untuk membangkitkan semangat Padjadjaran dan Seba Kuwerabakti karya Adenan Taufik yakni tradisi kuno pemberian upeti sebagai gambaran dukungan masyarakat terhadap pemerintahan. Selain disaksikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, pementasan kolosal ini disaksikan juga oleh Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh.

Sekilas Seba Kuwerabakti 

Seba Kuwerabakti merupakan peristiwa kunjungan raja-raja daerah kepada raja Pajajaran.  Sebagai bukti kesetiaannya, raja daerah mempersembahkan panggeres reuma (kelebihan hasil panen) yang diletakan pada dongdang untuk diserahkan kepada raja.

Dalam Lakon NGAHIYANGNA PAJAJARAN dikisahkan, bahwa di Ibukota Pajajaran selalu diadakan upacara Gurubumi dan Kuwerabakti setiap tahun. Dalam upacara itu hadir para pembesar dan raja-raja daerah. Upacara itu dimulai 49 hari setelah penutupan musim panen dan berlangsung selama 9 hari dan kemudian ditutup dengan upacara Kuwerabakti pada malam bulan purnama.

Kisah dari Pantun ini didukung oleh sumber lainnya, misalnya Kropak 406 yang memberitakan bahwa raja-raja daerah harus datang menghadap ke Pakuan setiap tahun. Diantara barang antaran yang dibawa raja-raja daerah, ikut serta juga “Anjing Panggerek” (Anjing Pemburu). Jadi dalam waktu perayaan yang 9 hari itu, kegiatan berburu juga dilakukan.

Para sesepuh di SIRNARESMI mengemukakan bahwa upacara Kuwerabakti hanya dilakukan di dayeuh. Meskipun Sirnaresmi ini terletak di Kecamatan Cisolok – Sukabumi, yang dimaksud dayeuh di sini adalah Bogor karena upacara Kuwerabakti ini dulu hanya dilakukan di Ibukota Pajajaran dan diperkirakan bahwa tahun 1482, Upacara Kuwerabakti dilangsungkan pada tanggal 2 Juni, malam 3 Juni.  Tanggal 3 Juni 1482 inilah secara resmi kegiatan upacara selama 9 hari di Ibukota itu berakhir. Sedangkan Upacara Gurubumi yang di adakan 49 hari setelah panen dimaksudkan agar raja-raja daerah berkesempatan mengadakan upacara penutupan panen di daerahnya masing-masing sebelum berangkat ke ibukota.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan beberapa pejabat menghadiri acara Pawai Budaya Seba Kuwerabakti

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat memberikan sambutan sekaligus melepas Pawai Budaya Seba Kuwerabakti

Putri Indonesia, Andi Natasha

Rombongan Pawai Budaya Seba Kuwerabakti

Tokoh Nyai Subang Larang

Masyarakat dan pelajar sangat antusias menyaksikan Pawai Budaya

Tokoh Prabu Siliwangi, Nyai Subang Larang beserta pengawal memasuki area lapangan Kebon Raya Bogor

Tokoh Raja-Raja Daerah

Pementasan Kolosal Maung Padjadjaran Lugay & Seba Kuwerabakti

Pementasan Kolosal Maung Padjadjaran Lugay & Seba Kuwerabakti

Pertunjukan Pencak Silat Cimande

Atraksi mengupas kelapa dengan menggunakan gigi oleh salah satu pesilat perguruan Cimande

Pementasan Tari Tradisional

Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh menerima hasil panen

Adenan Taufik, sang sutradara Seba Kuwerabakti

4 thoughts on “Seba Kuwerabakti – Bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s