Kirab Budaya – DKI Jakarta

Biasanya hari minggu biasa bangun siang, tapi berhubung hari minggu ini adalah tanggal 28 Oktober, hari sumpah pemuda, maka saya paksakan bangun pagi…mau nonton Kirab Budaya ^_^.

Pada hari ini Pemerintah Provinsi DKI menggelar Kirab Budaya yang dimulai dari depan gedung Balaikota DKI dan dibuka langsung oleh Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi). Kirab Budaya diikuti oleh 10.020 peserta yang terdiri dari 347 grup dari Jakarta dan beberapa daerah lain seperti Surakarta, Pekalongan, Magelang dan Kalimantan Tengah.

Ketua Panitia, Kris Budiharjo, saat memberikan kata sambutan mengatakan bahwa kirab budaya tersebut diselenggarakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda dan mendukung program Joko Widodo-Basuki yang menjadikan Jakarta sebagai pusat kebudayaan berbasis Budaya Betawi.

Acara hari ini sedikit berbeda dengan acara serupa pada masa Fauzi Bowo menjabat sebagai Gubernur DKI. Biasanya penonton dibatasi dengan pagar/barikade besi, tapi hari ini tidak ada pagar pembatas. Dan hasilnya petugas protokoler dan pengamanan cukup kerepotan mengatur ketertiban penonton, apalagi Joko Widodo beberapa kali tiba-tiba maju menyalami peserta kirab. Dan ada hal yang cukup unik yang jarang dilakukan oleh seorang Gubernur, setelah Joko Widodo membuka acara, beliau bergegas mengganti sepatunya dengan sepatu kets…sepatunya juga agak buluk…^_^…

Setelah ganti sepatu, kita sudah memprediksi nanti Joko Widodo bakal ikut berjalan bersama peserta, dan benar saja, setelah rombongan peserta Batik Solo Karnival Jokowi berjalan bersama rombongan Wayang Purwo peserta dari Magelang. Masyarakat dan pewarta terlihat sangat antusias terbukti mereka (dan saya juga) mengikuti terus kemana Jowoki berjalan…kami berhenti mengikuti beliau ketika sudah masuk arena INBOX di kawasan Monas.

Pada saat rombongan Joko Widodo memasuki area panggung INBOX ada sedikit kericuhan, salah satu pejabat rombongan Joko Widodo kecopetan, tersangka ditangkap. Tapi berhubung tidak ditemukannya barang bukti, maka tersangka pelaku pencopetan akhirnya dibebaskan. Belum lama dibebaskan, beberapa pengunjung yang kecopetan berdatangan, hohohohoho banyak juga yang kecopetan ternyata…sampai ada yang kehilangan iPad …^_^…

Joko Widodo beserta isteri, Iriana.

Ketua panitia, Kris Budihadjo saat memberikan sambutan acara Kirab Budaya.

Jokowi memberi salam kepada peserta Kirab Budaya.

Peserta dari Solo Batik Carnival

Joko Widodo tidak segan untuk menyapa serta menegur penonton dan pewarta untuk kembali tertib…*coba perhatikan sepatunya.

Sepatu Kets yang digunakan oleh Joko Widodo

Pada acara Kirab Budaya ini turut hadir juga seorang seniman dan pengusaha ternama, Setiawan Djodi.

Seorang warga mencium tangan Joko Widodo.

Seorang petugas berpakaian sipil mencoba mengamankan seorang tersangka pelaku pencopetan pada salah satu rombongan Joko Widodo.

Karena barang bukti tidak ada, maka tersangka pelaku pencopetan dibebaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s