SAMAN SUMMIT 2012

saman summit 2012

Tanggal 14, 15 dan 16 Desember 2012 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggelar acara SAMAN SUMMIT 2012 di Taman Fatahillah Kota Tua, Jakarta. Dibuka oleh secara resmi oleh Wakil Menteri Pendidikan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Nangroe Aceh, Tengku Setia Budi.

Pagelaran ini merupakan bentuk penghargaan terhadap Tari Saman dari Gayo Lues Provinsi Nangroe Aceh yang sudah mendapatkan sertifikat UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada tanggal 24 November 2011.

Pelaksanaan acara SAMAN SUMMIT 2012 ini dipercayakan kepada Kang Ray Bachtiar & Team. Dalam persiapannya Kang Ray telah melakukan surpey/riset setidaknya dalam satu bulan bolak balik ke Gayo Aceh.

Pak Rajab Bahry, pemain Saman dan dosen Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, mengatakan bahwa pada awalnya Tari Saman dimainkan oleh Laki-laki. Jika dimainkan oleh kaum perempuan, meskipun gerakannya sama tidak bisa disebut Saman. Seiring dengan perkembangan zaman, Tari Saman kini dimainkan oleh kaum perempuan dan pola tarianpun sudah banyak mengalami perubahan, ”kata Pak Rajab.

SAMAN SUMMIT 2012 tidak hanya menampilkan Tari Saman Gayo Aceh, tapi juga menampilkan Tari Indang Pariaman dari Minangkabau, Rudat Serdadu Terengan dari Lombok, Rudat Genjring Kuda Kecil dari Cirebon, Rudat Si’Iran dari Banyuwangi dan lainnya yang memiliki kesamaan dengan pola Saman yaitu dilakukan bersama-sama, ritme tarian, dan salawat (islami).

Dari beberapa pementasan, selain Saman Gayo ada beberapa tarian yang cukup menarik buat saya yaitu Rudat Si’Iran Banyuwangi dan Tari Tarek Pukat.

Musik Rudat Si’Iran Banyuwangi berupa kuntulan dengan syair berupa salawat yang dilantunkan dalam langgam gandrung dengan vocal yang khas, ada sedikit nuansa musik bali, tariannya sendiri campuran antara unsur gerak gandrung dan janger. Sedangkan Tarek Pukat,  gerakannnya mirip Tari Saman tapi menggunakan media Tali (pukat), dibawakan 18 penari perempuan dari Sanggar Pesona PPT 1 Langsat Aceh Timur.

SAMAN SUMMIT 2012 hanyalah sebagian kecil dari pementasan seni budaya yang dimiliki Indonesia. Masih banyak seni dan budaya lainnya yang perlu diperkenalkan, dipentaskan dan dilestarikan.

Terima kasih kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Bravo buat Kang Ray Bachtiar yang sudah bisa mengemas dengan baik acara SAMAN SUMMIT 2012.

Pembukaan acara SAMAN SUMMIT 2012

Pembukaan acara SAMAN SUMMIT 2012

Tari Saman Gayo Aceh

Tari Saman Gayo Aceh

Salah satu gerakan Tari Saman Gayo Aceh

Salah satu gerakan Tari Saman Gayo Aceh

Tari Tarek Pukat dari Sanggar PTPN Langkat, Aceh Timur

Tarek Pukat dari Sanggar Pesona PPT1 Langkat, Aceh Timur

Tari Indang Pariaman

Tari Indang Pariaman

Pariaman

Rapai Geunta Idi Rayek Langsa

Rampak Saman, perwakilan dari pelajar DKI Jakarta

Rampak Saman, perwakilan dari pelajar SMKN3 DKI Jakarta

Rudat Serdadu Terengan Lombok Utara

Rudat Serdadu Terengan Lombok Utara

Saman Rabbani Wahed Samalanga Aceh

Saman Rabbani Wahed Samalanga Aceh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s