Pencari Kerang Hijau di Muara Angke

kerang hijau
Tadinya berharap hari minggu ini bisa full istirahat, sedang asik tiduran sambil liat TL (twitter) tiba-tiba rekan di Bandung ngontak, dia minta foto aktifitas nelayan daerah Muara Angke. Yo wis, berangkatlah ke Muara Angke, berhubung motor sudah bersih dicuci, cuaca baru saja selesai hujan akhirnya naik Transjakarta…asli ngeselin banget, kelamaan nunggu bis.

Singkat cerita motret aktifitas nelayan sudah selesai, lanjut iseng cari objek human interest. Jalan jauh sampai ujung dermaga nelayan, dari dermaga nampak beberapa orang sedang memancing, mereka duduk di beton pemecah gelombang. Berhubung hanya berbekal kamera saku dengan jarak tele terbatas, akhirnya saya mendekat ke arah pemancing. Dalam perjalanan ke sana saya melihat beberapa anak dan dewasa sedang merangkak-rangkak dibawah beton pemecah gelombang…lagi nyari apaan ya mereka…

Ternyata mereka sedang mencari kerang hijau, kerang hijau tersebut banyak menempel di bawah beton pemecah gelombang. Untuk mengambil kerang hijau tersebut butuh perjuangan tinggi, lorong yang sempit mengharuskan mereka merangkak,  jongkok, terkadang kaki mereka mengalami kram. ” Kerang hijaunya buat dimakan sendiri bang, daripada beli mahal sekilo Rp. 15 rebu, mending nyari sendiri”….kata Maulana, salah satu pencari kerang hijau. Mereka mencari kerang hijau sekedar iseng menghabiskan waktu sore bersama kawan-kawan. Tidak semuanya turun mencari kerang, satu orang bertugas menjaga pakaian dan barang yang mereka taruh di atas beton.

Berhubung sudah sore dan cuaca mendung, mereka memutuskan untuk berhenti mencari kerang hijau. Dilihat dari hasilnya, lumayan juga hasil pencarian mereka, 1,5 kilo sih dapet. Sebelum pulang, sambil menggigil kedinginan mereka ngobrol-ngobrol dulu di sana sambil bersihin kerang-kerang tersebut….selamat menikmati kerang hijau kawan. (dani daniar)

Mendapat bongkahan batu yang banyak kerang hijaunya menempel di batu tersebut.

Mendapat bongkahan batu yang banyak kerang hijaunya, menempel di batu tersebut.

Mengambil kerang hijau yang menempel di bongkahan batu

Mengambil kerang hijau yang menempel di bongkahan batu.

Mereka harus jongkok, merangkat untuk bisa mengambil kerang hijau yang berada di bawah bongkahan beton pemecah gelombang

Mereka harus jongkok, merangkat untuk bisa mengambil kerang hijau yang berada di bawah bongkahan beton pemecah gelombang.

Ukuran kerang hijau yang mereka dapatkan lebih kecil dibanding dengan kerang hijau yang dijual di pasar, tapi sedikit demi sedikit ternyata meraka bisa mendapatkan banyak kerang hijau.

Ukuran kerang hijau yang mereka dapatkan lebih kecil dibanding dengan kerang hijau yang dijual di pasar. Tapi meskipun lebih kecil, kalau dapet banyak lumayan kenyang lah ya…^_^…

Ini dia pasukan pencari kerang hijau di Muara Angke

Ini dia pasukan pencari kerang hijau di Muara Angke

Maulana dan kawan-kawan

Maulana dan kawan-kawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s