Liburan ke Pahawang, Kelagian dan Tanjung Putus, Lampung

Pemandangan sekitar teluk lampung

Pemandangan bukit-bukit sekitar teluk lampung

Niat untuk pergi ka Pahawang Lampung sebenarnya sudah lama, beberapa tahun lalu teman saya dari Lampung yaitu Sdr. Budhi Marta memberi tahu bahwa di sana ada tempat bagus untuk snorkling. Saya sempat diberi nomer kontak pak lurah setempat jika mau main ke sana. Namun sampai bulan April 2013 pun saya tak kunjung pergi ke sana.

Pertengahan Mei 2013 ada undangan teman untuk ikut Trip Ke Teluk Lampung (Pahawang, Kelagian dan Tanjung Putus), karena waktunya cukup memungkinkan akhirnya saya ikut gabung. Perjalanan dimulai dari Jakarta, kami kumpul di depan Mall Slipi Jaya kemudian lanjut naik bis umum AC jurusan Merak dengan ongkos Rp. 18.000,-. Dari Terminal Bis Merak kami jalan kaki menuju Pelabuhan Merak, jarak dari Terminal Bis ke Pelabuhan tidak jauh, bagi yang malas jalan kaki bisa naik ojek dari Terminal Bis.

Lewat tengah malam kami menyebrangi selat sunda menuju Pelabuhan Bakauheni menggunakan Kapal Roro  dengan harga tiket Rp. 10.000,-/orang. Di dalam kapal kami langsung menuju ruangan Bisnis dengan kursi empuk, berharap bisa tidur mengumpulkan tenaga untuk aktifitas esok hari. Masuk di kelas bisnis gak gratis, harus bayar lagi Rp. 8.000,- lumayan lah itung-itung sewa kursi empuk buat tidur🙂

Menjelang subuh kami tiba di Pelabuhan Bakauheni Lampung, saya dan beberapa teman sesama muslim pergi ke mushola dahulu untuk melakukan sholat subuh. Lanjut kami menuju tempat parkir mobil, di sana sudah menunggu mobil jemputan (mobil sewaan). Pukul 05.30 kami langsung ngacir menuju Dermaga Ketapang, namun sebelumnya kami harus mampir dulu ke Mesjid dekat Stasiun Tanjung Karang untuk menjemput teman kami Elda dan Selfi yang berasal dari Palembang. Sekitar pkl. 08.00 kami tiba di Dermaga Ketapang dan dijemput oleh Pak Yanto. Dermaga Ketapang ini adalah dermaga kecil milik TNI Angkatan Laut, air laut di sini masih bening dan bersih. Oke…tujuan kami selanjutnya adalah Tanjung Putus, kami akan menginap di sebuah Cottage milik Koh Picung.

Sebelum sampai ke penginapan, kami mampir dulu di Pulau Kelagian untuk sarapan dan ganti pakaian renang karena setelah dari Kelagian akan mampir dulu di Pulau Pahawang Kecil untuk snorkling. Pada spot snorkling pertama ini ternyata kami menemukan sepasang ikan nemo komplit dengan anemonnya. Kesenangan kami agak terganggu dengan banyaknya ubur-ubur kecil yang menyengat beberapa bagian tubuh, meskipun sengatannya gak terlalu sakit tp kalo banyak lumayan terganggu, apalagi yang disengat pas kena jidat dan bibir…hadeuuuuh. Setelah dirasa cukup snorkling di sana kami langsung capcus menuju penginapan di Tanjung Putus. Di Tanjung Putus ternyata ada beberapa Cottage, dua diantaranya adalah milik Koh Picung. Penginapannya cukup bagus, full AC, satu kamar 4 kasur (2 ranjang tingkat), WC juga banyak, dan yang menarik adalah tempat makan plus karaoke yang menjulur ke laut (pantai). Setelah pembagian kamar, kami istirahat sejenak dan makan siang sambil ngetes-ngetes fasilitas karaoke🙂 …saat kami sedang bercanda tiba-tiba Koh Picung bawa karung gede isi roti, kirain itu roti buat kami, ternyata itu adalah roti untuk ngasih makan ikan-ikan yang ada di bawah kami…” Kalau mau ngasih makan ikan pake roti ini ya, tapi jangan terlalu banyak…” kata Koh Picung sambil ngambil roti dan melemparkannya ke laur. Dan benar, ikan-ikan kecil lucu pada datang bergerombol makanin tu roti…

Siang menjelang sore kami mulai menaiki kapal lagi, kali ini tujuannya adalah Pulau Balak, di sini terdapat beberapan kolam pelestarian ikan hias, lupa gak difoto tempatnya🙂 maklum saya bukan fotografer hehehehe. Di sini kami tidak lama, kami lanjutkan untuk mencari spot snorkling, beberapa spot kami lewati karena terumbu karangnya sudah banyak yang hancur. Berhubung sudah sore kami putuskan untuk snorkling tidah jauh dari penginapan, lupa nama tempatnya. Terumbu karang dan ikannya bagus-bagus, di sini juga ada ikan nemonya. Tapi lagi dan lagi, gangguan sengatan ubur-ubur kecil dan gelombang laut yg sudah mulai kenceng akhirnya kami putuskan naik perahu dan balik ke penginapan. Berhubung belum puas, sebelum mandi kami berenang dan main kano depan penginapan…seru. Waktu di dermaga saya baru nyadar bahwa dekat penginapan dalah kawasan pelestarian terumbu karang, ada papan tulisannya🙂 pantesan karang dan ikannya bagus-bagus.

Besok harinya pagi-pagi cuaca tidak bersahabat, hujan sampai pkl. 09.00, harusnya pkl. 07.00 kami sudah meluncur ke Pulau Pahawang Besar. Dalam cuaca masih mendung, pkl. 10.00 kami berlayar menuju Pulau Pahawang Besar dan balik lagi kepenginapan pkl. 12.00, beres-beres dan kembali ke Bakauheni…pulang.

Contact Person:
Penginapan Koh Picung : 0853-5756-2228
Sewa Perahu, Alat Snorkling & Sewa Kendaraan, Pa Yanto : 0812-7283-2060

Berikut ini beberapa foto hasil jepretan di sana, pake Pocket Camera Nikon Coolpix AW100:

Pemandangan di Pulau Kelagian

Pemandangan di Pulau Kelagian

Di Pulau Kelagian sudah ada warung, penginapan dan tempat bilas (wc).

Di Pulau Kelagian sudah ada warung, penginapan dan tempat bilas (wc).

Suasana di tempat penginapan, tempat makan yang dilengkapi fasilitas karaoke menjulur ke pantai, sangat nyaman.

Suasana di penginapan, tempat makan yang dilengkapi fasilitas karaoke menjulur ke pantai, sangat nyaman.

Di depan penginapan sudah bisa berenang atau snorkling

Di depan penginapan sudah bisa berenang atau snorkling

Menjelang sore sebelum mandi kami bermain kano di depan penginapan

Menjelang sore sebelum mandi kami bermain kano di depan penginapan

Salah satu tempat snorkling favorit adalah depan penginapan, ikan dan terumbu karangnya bervariasi, sayangnya waktu itu pas snorklig ke 2 abis  turun hujan dan arus laut agak kenceng...jadi butek airnya.

Salah satu tempat snorkling favorit adalah depan penginapan, ikan dan terumbu karangnya bervariasi, sayangnya waktu itu pas snorklig ke 2 abis turun hujan dan arus laut agak kenceng…jadi butek airnya.

Pantas saja kalau ikan dan terumbu karang depan penginapan masih bagus, ternyata kawasan konservasi terumbu karang

Pantas saja kalau ikan dan terumbu karang depan penginapan masih bagus, ternyata masuk kawasan pelestarian terumbu karang

Dermaga Pulau Balak

Dermaga Pulau Balak

Ikan-ikan kecil banyak berseliweran dibawah demaga

Ikan-ikan kecil banyak berseliweran dibawah demaga

Secara garis besar, kawasan teluk Lampung seperti Pahawang, Kelagian dan Tanjung Putus airnya masih bersih dan banyak spot snorkling

Secara garis besar, kawasan teluk Lampung seperti Pahawang, Kelagian dan Tanjung Putus airnya masih bersih dan banyak spot snorkling

Salut buat Ibu Siuong, ini adalah pertama kalinya beliau snorking dan langsung di laut, setelah beberapa kali mencoba akhirnya beliau bisa.

Salut buat Ibu Siuong, ini adalah pertama kalinya beliau snorking dan langsung di laut, setelah beberapa kali mencoba dan sedikit kendala pada snorkelnya (mampet), namun akhirnya beliau bisa dan happy

Ini dia makhluk yang dicari-cari para pecinta snorkling...Ikan Memo...jika anda jeli, di sini banyak dijumpai ikan nemo dengan anemonnya

Ini dia makhluk yang dicari-cari para pecinta snorkling…Ikan Nemo…jika anda jeli, di sini banyak dijumpai ikan nemo dengan anemonnya

28 thoughts on “Liburan ke Pahawang, Kelagian dan Tanjung Putus, Lampung

    • Terima kasih Bu Yati,…sayang banget sengatan ubur-ubur dan gelombang laut bikin buyar konsentrasi motret Nemo…^_^…

      • wah seru banget, mas dani boleh minta nomor kontak Cottage milik Koh Picung? trims yah

  1. boleh minta no hp nya koh picung?
    akhir bln ini sy berencana ke lampung…
    mgkin akan ke tanjung putus bersama keluarga sy…
    terimakasih…:)

  2. berapa biaya penginapan di sana? apakah bisa memesan makanan dan peralatan snorkling dan kano sdh termasuk? thanks for sharing

  3. Dear Dani,,

    Bolehkan saya minta contact person untuk penyewaan mbil dari bakaheuni ke ketapangnya?
    sama contact person koh picung beserta pemilik kapal yang bisa kami sewa..
    boleh langsung di email saja ke email ku putriwigasari@yahoo.com

    terimakasih,,
    sangat ditunggu sekali infonya🙂

    • Dear Wiga, saya share di sini saja ya supaya temen2 yang lain bisa mengetahui🙂
      CP Penginapan Ko Picung : 0853-5756-1118
      Untuk Sewa Perahu, Alat Snorkling dan Sewa Kendaraan (Bakauheni – Ketapang PP) bisa kontek Pa Yanto: 0812-7283-2060

  4. mw tanya nie mas,
    wktu k pahawang dn kelagian, utk pnginapan, sewa kapal dan alat snorkling, totalny mas dani hbis brapa?

  5. budi itu om saya loh mas..dy emang pencinta laut dan suka fotografi
    kl ada yang mw trip ke lampung pahawang, kelagian, tanjung putus dan sekitarnya bisa menghubungi 0823 726 80006
    kita bisa buatin tripnya minimal 10 orang

  6. alo met siang, bisa tolong kbr, kalau kita ber 10 mau ke pulau tsb diatas, dan ke beberapa pulau lainnya, brp total biayanya termasuk penginapan 1 malam di tanjung putus,, sy sudah hub no tsb diatas tdk ada jawaban. thx

  7. Numpang shere ni gan….

    Kami menawarkan jasa wisata penyebrangan pahawang island,Lampung dan senorkling.
    Kami menyewakan ;
    -perahu katir /kapal penyebrangan pahawang island
    -alat senorkling
    -homestey.
    Info lebih lengkap bisa hub saya ANTON ;
    *via telfon :087899833549
    Atau masuk di;
    Http//Antonchaniago7.blogspot.com

  8. Bulan juli/agustus, keluarga sahabat saya dari USA mau ke Indonesia (4 orang, termasuk 2 anak kecil) – dan pas saya dan keluarga mau liburan ke Lampung, penginnya saya ajak mereka ke Pahawang… Cuma pengin tahu, bagaimana kondisi shower dan toilet di penginapan Koh Picung ini? Maklum mereka dari Amerika, dan bawa anak2 kecil pula… Trims.

    • WC berada di luar, bukan di dalam kamar, kondisi kamar mandi & wc bersih…kalo kotor pasti gak akan rekomendasikan….

  9. Halo, mau tanya dong, kalo bawa mobil sendiri feasible gak ya?

    Di ketapangnya apakah ada parkir untuk nginepin mobil selama ke pahawang dll?

    Jalannya mulus gak?

    Makasih untuk infonya… Fotonya keren2 Mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s