Mencari “impun” di Way Laay, Lampung Barat

impunSiang menjelang sore, dari Krui, saya dan rekan-rekan melanjutkan perjalanan menuju basecamp di wilayah Batubrak, Liwa, Lampung Barat. Ketika melewati Wai (Sungai) Laay sepintas saya melihat kerumunan warga di Muara Way Laay. Penasaran, kamipun menghentikan kendaraan dan kami berjalan menuju ke arah kerumunan warga di muara sungai.

Tampak warga ramai-ramai memasang jala, menangkap ikan. Sayapun penasaran, kenapa warga menangkap ikan beramai-ramai dan raut muka mereka ceria, seperti mendapat rezeki berlimpah, pasti ada yang tidak biasa. “Maaf pak, ini sedang menangkap ikan apa pak?” tanya saya,  “Menangkap ikan impun dek” jawab si bapak sambil memperlihatkan satu wadah penuh berisi ikan-ikan kecil.

Impun ini hanya ada pada bulan-bulan tertentu, tidak setiap hari ada, harganya pun mahal, satu liter atau satu mug impun dihargai Rp. 12.000,- dan dalam satu hari warga bisa mendapatkan Rp. 200.000,- dari hasil penjualan impun, kami senang, dapat uang banyak” kata si bapak. Di lokasi ada beberapa pengumpul impun, mereka menampung impun dari warga seempat. Impun nantinya akan dijual ke rumah makan atau pengusaha makanan untuk diolah menjadi makanan siap saji.

Apakah ikan impun itu?… impun sebenarnya sebutan untuk anak ikan. Impun adalah salah satu bagian dari proses migrasi yang dilakukan oleh ikan dewasa. Pada saat alir laut pasang, ikan dewasa melakukan migrasi ke sungai untuk proses reproduksi, mereka bertelur di sungai. Setelah telur-telur tersebut menetas, pada umur dan ukuran tertentu anak ikan ini berbondong-bondong bergerak ke muara mengikuti arus sungai menuju laut. Ikan-ikan kecil ini nantinya tumbuh dan dewasa di laut. Ketika ikan-ikan ini sudah masuk ke umur fase reproduksi, merekapun melakukan migrasi ke sungai seperti yang dilakukan induknya. Sama seperti ikan Salmon, perjalanan ikan dewasa  menuju hulu sungai dan perjalanan anak ikan (impun) menuju laut sama-sama memiliki resiko. Ikan dewasa saat pindah ke sungai mereka harus bertarung melawan arus, tak jarang ikan dewasa mati sebelum sampai tempat tujuan. Begitu juga anak-anak ikan ini, sebelum sampai ke laut mereka terancam oleh banyaknya predator, termasuk ditangkap oleh MANUSIA. (dani daniar)

impun

Penduduk membuat jalur aliran sungai dan memasang jaring perangkap impun

Impun yang ikut arus aliran sungai akan terperangkap dalam jaring.

Impun yang ikut arus aliran sungai akan terperangkap dalam jaring.

Salah satu warga sedang memindahkan impun yang terperangkap jaring ke wadah penampungan.

Salah satu warga sedang memindahkan impun yang terperangkap jaring ke wadah penampungan.

Selain orang dewasa, anak-anak juga ikut serta menangkap impun.

Selain orang dewasa, anak-anak juga ikut serta menangkap impun.

"Impun" adalah anak ikan yang merupakan salah satu  dari proses migrasi reproduksi ikan.

“Impun” adalah anak ikan yang merupakan salah satu dari proses migrasi reproduksi ikan.

3 thoughts on “Mencari “impun” di Way Laay, Lampung Barat

  1. aduh dan, bisa punah ntar kalau aktifitas ini berlanjut. Sda satu cerita di Riau, di sungai-sungai besarnya ada satu ikan yang sudah hilang karena aktifitas seperti ini..kok aku miris mau nangis…. hikss… aduhhh bapak2 boleh berhenti kah???

  2. Yup…kalau aktifitas seperti ini terus berlanjut dipastikan ikan tersebut jadi langka bahkan punah, berapa ribu ikan yang gagal kembali ke laut, meskipun di laut mereka juga dimangsa hewan predator, tp predator di laut tidak serakah seperti manusia….🙂

  3. nasibnya hampir sama acem penyu dan, cuma penyu udah banyak yg ngelindungi….. tp di Canada, khususnya ikan salmon itu ada larangan menangkap ikan yg lg bunting pas mau ke hulu sungai buat bertelur, ikan salmonnya boleh ditangkap setelah brojor and telur keluar semua. keren juga nich aturan..oh ya di Riau itu nama ikannya yg punah Ikan Tampa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s