Nyobain naik Bus City Tour Jakarta

Bus City Tour Jakarta

Bus City Tour Jakarta

Mumpung masih gratisan, minggu sore saya iseng nyobain naik Bus tingkat City Tour Jakarta “Wisata Keliling Ibu Kota” dari Halte Bundaran HI. Nunggu kedatangan bus ini lumayan harus bersabar, maklum bus City Tour ini jumlahnya masih terbatas. BT nunggu kelamaan, akhirnya saya iseng jalan-jalan naik ke jembatan penyeberangan sambil motret ngumpulin stok foto. Dari jauh tampak Bus City Tour dari arah Sarinah menuju Bundaran HI, sayapun langsung jalan cepat turun jembatan menuju Halte Bus City Tour, takut keburu penuh antriannya.

Bus City Tour pun terlihat putar arah di Bundaran HI, dan kita sudah siap antri di Halte Bundaran HI. Nah lho…Bus City Tournya kok gak berhenti nurunin atau naikin penumpang di Halte Bundaran HI…bablas…sayapun nanya ke petugas yang ada di Halte.

Saya: Mas…kok Bus-nya gak berhenti?
Petugas: Yang lewat barusan adalah Bus City Tour yang khusus naikin dan nurunin penumpang dari Halte Monas, Bus City Tour yang akan kita naikin sebentar lagi datang kok mas. Setiap hari sabtu dan minggu Bus City Tour hanya berhenti di Halte-halte tertentu, kalau hari biasa kita bisa bisa naik dan turun Halte Bus City Tour mana saja.
Saya:  Oooo

Gak lama petugas teriak, “Yang ingin naik Bus City Tour, merapat sebelah sini ya, busnya bentar lagi datang !”. Alhamdulillah punya badan kecil, langsung nyempil di antrian paling depan. Tereeeeeeet Bus City Tour merapat di Halte Bus City Tour Bundaran HI, nurunin penumpang terlebih dahulu, setelah kosong dan cek kesiapan armada, baru kita naik.

Kalo naik bis tingkat, paling apdol duduk di bangku atas…pas mau duduk tiba-tiba rombongan anak-anak seradak-seruduk lari menuju tempat duduk paling depan. Dalam hati “sialan, di atas banyak bocah, bakalan berisik” dan benar saja, selama perjalanan suara guide kalah kenceng sama suara anak-anak, berisik banget…

Namanya juga Bus baru, masih bersih dan nyaman…dari awal kita berangkat, petugas on board (guide) yang berasal dari Komunitas Historia Indonesia langsung cuap-cuap, mulai dari ngucain selamat datang, sampai menerangkan sejarah beberapa lokasi/tempat yang dilewati Bus City Tour, misalnya sejarah Gedung Bank Indonesia, Gedung Sarinah, Penamaan Jalan dan lain-lain. Rute yang dilewati Bus City Tour yang saya tumpangi adalah dari Halte Bundarah HI – Jl. MH. Thamrin – Jl. Majapahit – Jl. Pos (Pasar Baru/GKJ) – Jl. Veteran – Jl. Medan Merdeka Utara – Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. MH. Thamrin – Halte Bundaran HI, ditempuh selama 1 jam perjalanan…yang belum nyobain cepetan naik Bus City Tour Jakarta, mumpung gratis, kalo gak salah hanya 3 bulan gratisannya…bulan berikutnya sistem tiketing alias bayar🙂

Bus City Tour melewati Jl. MH. Thamrin

Bus City Tour melewati Jl. MH. Thamrin

Bus City Tour hanya berhenti di halte yang memiliki tanda khusus Bus City Tour, salah satunya adalah halte Bus Bundaran HI

Bus City Tour Jakarta hanya berhenti di halte yang memiliki tanda khusus, salah satunya adalah Halte Bundaran HI

Antrian penumpang Bus City Tour Keliling Ibu Kota

Antrian penumpang Bus City Tour Wisata Keliling Ibu Kota

Hari Sabtu dan Minggu penumpang cukup ramai, selain guide, di dalam bus juga ada petugas polisi wisata

Hari Sabtu dan Minggu penumpang cukup ramai, hari kerja merupakan pilihan yang tepat jika mau kosong. Selain guide, di dalam bus juga ada petugas polisi wisata, aman.

Suasana di dalam Bus lantai 2

Suasana di dalam Bus lantai 2

Anak-anak sedang memperhatikan gedung yang sedang diceritakan sejarahnya oleh guide.

Anak-anak sedang memperhatikan gedung yang sedang diceritakan sejarahnya oleh guide.

Bus City Tour Jakarta melewati Gedung Sarinah Jl. MH. Thamrin

Bus City Tour Jakarta melewati Gedung Sarinah Jl. MH. Thamrin

KAPAN DAERAH LAIN PUNYA FASILITAS SEPERTI INI ?…DI PROVINSI LAIN JALAN RAYA SAJA MASIH BANYAK YANG BUTUT…ANGKUTAN UMUM MASIH SUSAH…

8 thoughts on “Nyobain naik Bus City Tour Jakarta

  1. seperti kata mas M. Shihab, Dulu di jakarta pernah ada bis tingkat PPD jurusan Blok M-Kota, saya sekitar tahun 1987-1989 kalau pulang sekolah SMA kami naik dari jln Sisingamangaraja pasnya di halte POM Bensin menuju Blok M.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s