Tari Pendet Masal di Candi Prambanan (Edisi Hunting Foto Gagal)

005

Kenapa saya sebut Edisi Hunting Foto Gagal?…kesimpulannya bisa dibaca lewat ceritanya ya🙂

Seperti biasa, menjelang hari raya Nyepi saya hunting acara ritual agama. Dapat informasi bahwa awal bulan maret ada pentas Tari Pendet masal di Candi Prambanan. Saat itu saya membayangkan acara Tari Pendet masal ini bakal seperti Tari Gandrung Sewu di Banyuwangi, pasti bagus. Tanpa pikir panjang saya booking tiket kereta ke Jogjakarta dan penginapan. Beruntung saya dapat voucher dari agent hotel, jadi saya hanya membayar 10% dari harga rate penginapan.

Singkat cerita hari minggu pagi saya sampai di stasiun tugu. Setelah cuci muka dan sarapan gudeg, saya langsung ke halte TransJogja, naik bis 1A trayek Malioboro – Prambanan. Sesampainya di Candi Prambanan, saya langsung ke bagian informasi untuk bertanya mengenai kepastian acara pentas Tari Pendet, saat itu diterima oleh petugas tiket. Saya terkejut saat petugas tiket menyatakan bahwa pagi itu tidak ada acara pentas Tari Pendet, hanya ada acara Lomba Lukis.

Saya tidak percaya begitu saja dengan pernyataan petugas tiketing tadi, lalu saya tunjukan jadwal Pentas Tari Pendet masal yang saya dapat dari Tourist Information ke petugas. Saat saya sedang bertanya, datang temen dari media lokal, menanyakan hal yang sama, akhirnya kami dibawa ke ruang informasi. Salah satu petugas informasi nelpon ke Dinas Pariwisata DIY untuk menanyakan acara tersebut, dan taraaaaaaaaa…”maaf mas, ternyata acara Tari Pendet masal benar dilaksanakan pagi ini, lokasinya di tempat lomba lukis, mari saya antar ke lokasi” kata petugas.

Menurut jadwal, acara dimulai pada pkl. 07.00, tpi baru dimulai pada pkl. 08.30. Dan apa yang saya bayangkan saat di Jakarta, saat baca informasi acara…buyaaaaaaar…tidak sebagus yang saya bayangkan. Tapi saya tetep tepuk tangan, angkat jempol buat mereka, karena 99% dari 250 peserta Tari Pendet masal berasal dari kalangan pelajar…generasi penerus.

Peserta Tari Pendet sedang dirias.

Peserta Tari Pendet sedang dirias.

Salah satu peserta Tari Pendet ada yang berasal dari Amerika

Salah satu peserta Tari Pendet ada yang berasal dari Amerika.

Ritual doa sebelum pentas Tari Pendet dimulai

Ritual doa sebelum pentas Tari Pendet dimulai.

Peserta Tari Pendet berdoa bersama supaya pementasan tari berjalan dengan lancar

Peserta Tari Pendet berdoa bersama supaya pementasan tari berjalan dengan lancar.

Pentas Tari Pendet masal di Candi Prambanan dilakukan oleh 250 penari yang berasal dari kalangan pelajar.

Pentas Tari Pendet masal di Candi Prambanan dilakukan oleh 250 penari yang berasal dari kalangan pelajar.

Pentas Tari Pendet masal di Candi Prambanan dilakukan oleh 250 penari yang berasal dari kalangan pelajar.

Pentas Tari Pendet masal di Candi Prambanan dilakukan oleh 250 penari yang berasal dari kalangan pelajar.

Foto edisi khusus :)

Foto edisi khusus🙂

Peserta Tari sedang mengisi waktu istirahat dengan foto-foto.

Peserta Tari sedang mengisi waktu istirahat dengan foto-foto.

Leave a Reply

